Jumat, 29 Oktober 2010

KETUA PKBM PEMUDA



Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) PEMUDA yang beralamat di Jalan Empat Lima Kampung Cikentang Desa Sayar Kecamatan Taktakan Kota Serang, merupakan PKBM dengan segudang kegiatan, dari kegiatan pengajian anak-anak sampai kegiatan paket B dan C, juga ada pelatihan/kursus menjahit, hal ini tidak terlepas dari seorang sosok Muhtadi seorang pemuda yang lahir di Cikentang, 27 Agustus 1980.

Sebagai putra desa Sayar yang dianugrahi alam begitu indah dan mempesona dikelilingi oleh pegunungan dan hamparan sawah yang luas membuat mata menjadi sejuk ketika menatap lepas jauh kearah luar dari kantor PKBM Pemuda, para petani yang sedang membajak sawah dengan kerbaunya dan Ibu-ibu sedang mengambil bibit padi untuk ditanam, ada juga bapak-bapak petani sedang memperbaiki galengan sawah, siang itu udara agak mendung dan redup dengan tiupan semilir angin pegunungan serasa halus menusuk relung kulit ke sum sum, sayup sayup terdengan suara kambing anak gembala, ayam kampung berkeliaran di halaman rumah yang agak becek, bertanda semalam habis turun hujan yang begitu lebat.

Muhtadi yang gemar menulis dan menyenangi warna biru itu, setiap hari memikirkan kegiatan untuk masyarakat yang ada di kampungnya, bergelut dengan kegiatan kemasyarakatan dengan tanpa mengenal lelah demi kemajuan kampung halaman yang sangat dia cintai.

Ketika RH datang mengunjungi PKBM nya, suasana waktu itu sedang tidak ada kegiatan, sehingga leluasa untuk berbincang-bincang lepas, membicarakan tentang kegiatan di PKBM, nampak terlihat lantai rumah begitu bersih dan licin bertanda tempat itu banyak dikunjungi oleh para Warga Belajar yang menuntut ilmu, walaupun keadaan serba darurat namun nampak waith boar dan foto-foto kegiatan Warga Belajar sedang menulis sambil duduk di lantai ada juga yang sambil tengkurep di dampingi oleh anak-anak yang ikut juga belajar. Di ruang tengah nampak 2 (dua) mesin jahit sebagai sarana latihan bagi Warga Belajar.

Muhtadi yang sering dipanggil kang Muh ini sangat mengidolakan tokoh Nasional yaitu Gusdur, alasannya Gusdur adalah tokoh yang sangat pluralis dan sangat menghormati perbedaan dan sangat enteng menghadapi persoalan, juga sangat humoris.

Terima kasih Kang Muh, teruskan perjuangan semoga sukses selalu dalam mejalankan tugas... (by. Kang Ros)




























PROFIL

KETUA PKBM AL-AZIZIYAH

H. BUSTOMI




Kang Haji Tomi itulah teman-temannya sering memanggilnya, nama lengkapnya adalah H.Bustomi, disela-sela kesibukan kesehariannya sebagai pengusaha ia masih sempat untuk mengurusi pendidikan non Formal yang mencakup Kejar paket B dan C juga melaksanakan Keaksaraan dasar dan lanjutan.


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Aziziyah yang berlokasi di Kampung Terangganan Rt. 08/02 Desa Terumbu Kecamatan Kasemen merupakan satu-satunya PKBM yang ada di Desa Terumbu, sehingga masyarakat berharap banyak terhadap keberadaannya bisa membantu masyarakat, terutama bagi Warga Belajar.


Suami dari Eti Rohayati ini orangnya sangat mudah bergaul dan humoris sehingga dengan teman-teman yang baru di kenalnya cepat akrab, sehingga kalau berdiskusi dengan kang Haji Tomi cepat nyambung dan cair, hal ini terlihat ketika rombongan PKBM mengadakan kunjungan kerja ke Jogjakarta yaitu ke PKBM Pioneer yang ada di Karang Anyar Surakarta-Solo. PKBM Pioneer merupakan PKBM yang cukup bagus perkembangannya dengan melaksanakan beberapa kegiatan, seperti : Kursus Komputer,menjahit, elektronik dan lain-lain dan yang lebi penting lagi buat PKBM adalah mampu menghidupi sendiri dalam kegiatannya, dengan berbagai usaha, PKBM Pioneer melakukan usaha dibidang, Advokasi Hukum, kerajinan tangan, vidio Shoting dan lain-lain.


H.Bustomi yang di karuniai 4 (empat) orang anak ini yaitu Hudullah, Ikromah, Ifrohah dan Bahiji, kang Haji Tomi sangat perhatian dan penuh kasih sayang, sehingga kalau anak-anaknya tidak belajar kang Haji selalu menegur dan mengingatkannya, apalagi kalau waktu sholat ia sangat keras sekali untuk melaksanakan sholat lima waktu, sehingga beliau dihadapan anak-anak dan masyarakat cukup berwibawa.


Ada hal yang lucu dengan pribadi kang haji Tomi, saat mengunjungi candi Borobudur, waktu itu hujan sangat lebat sekali, sehingga semua pengunjung menyewa payung agar tidak kehujanan, ketika teman-temannya ingin berfoto bareng bersama beliau, ia yang pertama kali mempunyai ide lempar payung. ” Cepat-cepat foto-foto disini...lempar payungnya....” kata kang haji kalau mau berfoto bareng, ada salah seorang temen yang payung tidak bisa dilipat, sehingga ketika di lempar, payungnya melar kembali, sehingga teman-teman mentertawakan payung yang melar tadi, ada aja memang hal-hal lucu dalam kebersamaan, sehingga ketika menaiki tangga Candi Borobudur tidak terasa cape, kerena penuh canda tawa, terlebih kalau waktu di foto semuanya bergaya seperti foto model. Ada saja ulah kang haji Tomi agar teman-temannya bisa tertawa. Selamat kang Haji semoga sukses selalu...






PROFIL KETUA

PKBM ”AL-HIDAYAH”

Muhammad Udju


Usianya memang tidak muda lagi, sudah kepala lima, namun semangat dan pengabdiannya terhadap dunia pendidikan tidak pernah pudar, membuat pak Udju, panggilan Muhammad Udju ini masih tampak sehat dan segar, badannya yang ramping dan rambutnya yang sudah mulai memutih, tiap padi sebelum berangkat ke Sekolah SD III Cipete Kecamatan Curug, ia masih menyempatkan ke kebun yang dekat rumahnya, mencangkul dan membabat lahan adalah pekerjaan tiap pagi, ” Saya kalau tidak ke Kebun sehari saja, kaya ada sesuatu yang belum kerjakan” Akunya kepada redaksi Rumah Hutan, saat mewancarai beliau di Sekolah Dasar III Cipete Curug Kota Serang. Disela-sela kesibukannya mengajar murid-murid SD, pak Uju masih sempat-sempatnya mengurusi kerjaan sekolah Non Formal, yaitu kejar paket B dan C, walaupun ruang kelas masih pinjam ke Sekolah Dasar, namun niat dan kerja yang ikhlas dari beliau, membuahkan hasil yang luar biasa terhadap anak-anak didiknya di kejar paket. Disamping itu pula ada Taman Bacaan Masyarakat yang ia kelola, walaupun bukunya belum terlalu banyak tapi dapat membantu masyarakat sekitar kediamannya.

Pak Udju yang tinggal di desa Sukalaksana Kecamatan Curug ini, punya cita-cita terhadap kampung halamannya, ”agar masyarakat di kampung mampu hidup mandiri dan beradaptasi dengan lingkungan, karena perkembangan Kota Serang akan berdampak buruk, kalau masyarakatnya tidak mampu beradaptasi, dan kondisi perkotaan merupakan sesuatu yang memaksa kepada masyarakat untuk mampu hidup dengan gaya kota tentunya perekonomian pedesaan akan berubah dengan iklim perkotaan bercirikan pada perdagangan dan jasa. Lahan pertanian yang semakin sempit, tidak akan mampu di pertahankan, dan sekarang saja banyak orang-orang Kota Serang yang sudah beli lahan di kampung untuk mendirikan bangunan rumah” Cerita pak Udju dengan semangat.

Pak Udju yang dikaruniai empat orang anak ini, sangat menyayangi anak-anak muridnya, tidak ada rasa kesal dalam hatinya ketika anak-anaknya bandel, dengan


PROFIL

PKBM ”INSAN MADANI”

Ketua : Humaedi Ismail A.Ma.Pd




Kegiatan Belajar Masyarakat ” Insan Madani ” tidak terlepas dari peran serta Humaedi Ismail A.Ma.Pd, sebagai Ketua, adapun secara organisasi PKBM Insan Madani di bawah naungan Yayasan Al-Istito’ah Banten yang beralamat di Jalan 45 Sepring Desa Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang, susunan organisasi PKBM ”Insan Madani” sebagai berikut :

Penggung Jawab : Kepala UPTD Kec.Taktakan

Pembinaa Teknis : Penilik PNF Kecamatan

Penesehat : Mashudi Aswat, S.Ag, M.Pd


Ketua : Humaedi Ismail A.Ma. Pd

Wakil ketua : Ahmad Busron

Sekretaris : Saeful Baeturrahman

Bendahara : Jumyati
Kordinator Bidang :

Pendidikan Kesataraan : Hayum S.Pd.I

Pendidikan Keaksaraan : Titi Suryanti A.Ma. Pd

Taman Bacaan Masyarakat : Mumu M

Pendidikan Kursus : Fahmi Hidayat A.Ma. Pd

Pemberdayaan Permpuan : Sumaenah

Pendidkan Anak Usia Dini : Atikah A.Ma Pd


Ø Visi PKBM Insan Madani

Beriman & Bertaqwa, Berkualitas, Terampil, Mandiri, Profesional, Berakhlak Mulia.



Ø Misi PKBM Insan Madani

1. Mewujudkan Insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT

2. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas

3. Menyiapkan peran serta didik memiliki pengetahuan, keterampilan life Skills dalam upaya membangun kemandirian dan pemberdayaan masyarakat

4. Mandiri profesional agar berdaya saing tinggi serta membuka lapangan kerja baru

5. Mewujudkan masyarakat mandiri, dan berahlak mulia


PROGRAM KEGIATAN PKBM INSAN MADANI


1. Rekapitulasi Data dan Kegiatan PAUD Insan Madani
2. Kegiatan Program Pendidikan Kesetaraan
3. Penyelenggaraan Kursus Komputer
4. Program Kegiatan Pendidikan Keaksaraan Fungsional
5. Program Kerja Pemberdayaan Perempuan


A.1. Rekapitulasi Data Dan Kegiatan PAUD Insan Madani : Total Tutor berjumlah orang dan Warga Belajar berumlah 21 Warga Belajar.



B. 1. Kegiatan Program Pendidikan Kesetaraan : Data Tutor berjumlah 11 orang sedangkan Warga Belajar berjumlah 64 Warga Belajar.



C.1 Penyelenggaraan Kursus Komputer

• Gambaran Umum Kegiatan

1. Dasar – dasar pengoperasian Microsoft Windows.

2. Pengoperasian program Microsoft Office, meliputi :Microsoft Word dan Microsoft excel

• Tutor = 5 Orang dan Jadwal Pelaksanaan = 1 minggu 2 kali @ 120 Menit


D.1. Program Kegiatan Pendidikan Keaksaraan Fungsional

Warga belajar ini nantinya akan dikelompokan dan satu kelompok sebanyak 10 Orang, dengan kapasitas lama belajar selama 6 bulan dengan 2 kali pertemuan perminggu


E.1. Program Kerja Pemberdayaan Perempuan

Pemberdayaannya Pendidikan kecakapan hidup yang bermanfaat bagi mereka sakarang dan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar